Nama Hewan Melata dan Contohnya

Apa itu hewan melata? atau pengertian hewan melata, hewan melata adalah kelompok hewan vertebrata atau bertulang belakang yang berdarah dingin (poikilotern), hewan ini biasanya memiliki sisik yang menutupi bagian sekujur tubuhnya, sekarang ini hampir di setiap benua belahan dunia terdapat jenis hewan melata kecuali di satu benua saja yakni antartika, menurut para ahli bahwa hewan melata merupakan organisme pertama yang mampu berkembang biak di semua habitat, baik daerah kering, gersang sampai lembab yang hanya sedikit air, salahsatunya seperti komodo dan kadal yang mampu hidup di tempat seperti di atas.

Hewan melata selain bisa bertahan di beberapa situasi, juga dapat bertahan hidup di dua alam yakni mampu hidup di darat maupun di air, namun tidak semuanya demikian karena faktanya hanya beberapa hewan melata saja yang mampu bertahan di dua alam, salahsatunya seperti buaya, kura kura dan biawak, karena memang habitat mereka rata rata di darat, dan jika mereka sedang berada dalam air, itu hanya sekedar menstabilkan suhu tubuh atau sedang mencari makan.

Untuk lebih mengenal tentang hewan melata, mari kita ketahui ciri ciri dari hewan melata, silahkan baca di bawah ini.

Tubuh hewan melata di tutupi oleh sisik.
Mempunyai sistem syaraf berupa otak.
Memiliki alat indra seperti mata, hidung dan telinga.
Pada umumnya memiliki umur yang panjang.
Mampu hidup di tempat kering, gersang dan mampu hidup di dua alam.
Termasuk dalam golongan hewan berdarah dingin.
Memiliki alat pernafasan utama berupa paru-paru
Sebagian besar hewan melata berkembang biak secara ovipar. Dan sebagian kecil berkembang biak secara vivipar atau ovovivipar.

Setelah mengetahui beberapa ciri hewan melata maka kita ketahui pula beberapa contoh hewan melata yang ada di daerah sekitar.


contoh hewan melata dan merayap lima jenis hewan melata himpunan hewan melata contoh hewan melata kumpulan tips ciri ciri hewan melata hewan melata 3 huruf reptil klasifikasi yang lebih rendah
nama nama hewan

Ular

Merupakan salahsatu hewan melata yang tidak memiliki kaki namun memiliki tubuh yang sangat panjang dengan sekujur tubuh dipenuhi dengan sisik sama halnya seperti kadal, ular termasuk salahsatu hewan yang berkembang hampir di seluruh dunia, di berbagai lokasi dan iklim seperti apapun cocok untuk kelangsungan hidup hewan, namun hewan ini tidak mampu bertahan di iklim salju dan puncak pegunungan.

Ular termasuk hewan pemakan daging atau lebih dikenal dengan vertebrata, rata rata ular memakan setiap makhluk hidup kecil seperti serangga, tikus, kodok dan sebaginya, namun untuk beberapa jenis ular besar bisa juga memangsa hewan yang lebih besar seperti memangsa rusa, bahkan buaya sekalipun, jenis ular yang memiliki ukuran besar seperti phithon dan anaconda.

Buaya

Buaya merupakan jenis hewan reftil yang berkembang biak dengan cara bertelur (ovivar), hewan yang satu ini konon merupakan salahsatu hewan purba keluarga saurus yang masih bertahan sampai sekarang, namun tentunya tubuh dan ukurannya berbeda yang telah mengalami perubahan serta berevolusi dari waktu kewaktu yang menyesuaikan pada lingkungan, buaya biasanya hidup di air tawar, muara, sungai dan rawa rawa.

Hewan yang satu ini termasuk binatang berbahaya dan makanan utamanya adalah daging, memiliki rahany yang sangat kuat dengan sekali buka mulut sangat menyeramkan dengan gigi tajamnya, hewan yang satu ini tidak terlalu aktif namun jika memangsa maka bisa mengeluarkan kemampuan dengan kecepatan yang sangat cepat, buaya biasanya memangsa hewan yang memiliki tulang belakang seperti ikan, mamalia bahkan hewan reftil lainnya.

Kura kura

Kura kura merupakan hewan dengan kaki empat dengan sekujur tubuh dipenuhi sisik dan pada bagian punggung terdapat tempirung yang sangat keras layaknya bangunan atap rumah yang bergyna sebagai alat melindungi diri dari serangan musuh, fungsi tempurung juga sebagai pelindung bagian perut kura kura (plastron), hewan ini termasuk reftile yang berjalan sangat lamban.

Hewan melata lainnya seperti iguana, tokek, kadal, komodo dan sebaginya yang masih banyak lagi beberapa contoh hewan melata lainnya, namun pada kesempatan kali ini kami cukupkan sekian dulu, semoga yang kami sampaikan secara singkat bisa bermanfaat. Terimakasih.
Load disqus comments

0 komentar